Halaman Karya

Blog ini merupakan wadah atau tempat untuk membagikan semua naskah tulisan jurnalistik yang sudah saya buat. Semoga tulisan saya bisa bermanfaat bagi siapapun yang membacanya!

Jumat, 20 Oktober 2023

IDN Media Memberikan Bocoran Persiapan Sebelum Menjadi Jurnalis

 

Ketiga narasumber dari  IDN Media (Sumber foto : Jihan Sakila Firnanta)

Jakarta – Jurnalis merupakan suatu pekerjaan yang memiliki tugas untuk memberikan informasi berdasarkan fakta dan akan dipublikasikan kepada khalayak luas melalui media cetak maupun media online. Untuk itu, sebelum menjadi jurnalis pastinya membutuhkan persiapan yang matang.

Tiga narasumber yang merupakan bagian dari IDN Media memberikan bocoran terkait hal tersebut. Hal itu disampaikan pada oleh Niken Ari (Senior Creative Pop Bela), Ayu Utami (Editor Pop Bela), Denisa (Community Editor Pop Mama) pada Kamis (12/10/2023), saat Mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) program studi Penerbitan Jurnalistik mengunjungi Gedung IDN Media, Jakarta.

Ayu Utami mengatakan hal yang paling dasar dan harus dimiliki adalah wawasan yang luas. Ia menambahkan orang yang sering membaca majalah dan koran, menonton film, serta mendengarkan musik akan sangat mempengaruhi keluasan wawasan.

‘’Ketika seseorang mereview satu film yang sudah ia tonton atau lagu yang pernah didengar, dari situ kita dapat melihat, apakah dia memiliki wawasan yang luas dari kekayaan tata bahasanya saat memberikan ulasan film dan musik tersebut,’’ tegas Ayu.

Selanjutnya, Niken Ari juga menyampaikan pengalamannya saat menjadi jurnalis di IDN Media khususnya pada Popbela.com.

‘’Karena sering terjun di lapangan, kemampuan yang harus dimiliki teman-teman adalah mental yang kuat, karena harus menghadapi narasumber yang kita tidak tahu karakternya seperti apa,’’ kata Niken.

Denis selaku Community Editor Pop Mama memaparkan bahwa menjadi seorang jurnalis harus tidak malu untuk bertanya saat wawancara serta memiliki kreativitas.

‘’Basic jadi jurnalis adalah membuat suatu artikel dari hasil wawancara. Jika malu bertanya, artikel tersebut tidak akan jadi apa – apa serta tidak ada sumber yang akan dicantumkan. Selain itu, kreativitas juga dibutuhkan karena selain menulis kita juga harus membuat judul agar banyak dibaca oleh orang,’’ tutup Denis.



EmoticonEmoticon