Halaman Karya

Blog ini merupakan wadah atau tempat untuk membagikan semua naskah tulisan jurnalistik yang sudah saya buat. Semoga tulisan saya bisa bermanfaat bagi siapapun yang membacanya!

Rabu, 15 November 2023

Menjawab Tantangan Menjadi Mahasiswa Perantau

Ilustrasi anak rantau (sumber foto: kandeb.com)

Saat ini menjadi seorang mahasiswa tidaklah mudah, terlebih bagi mereka yang merantau dari kampung halamannya. Merantau merupakan pilihan dan sekaligus menjadi sebuah tantangan yang besar untuk beberapa orang yang memilih keputusan tersebut. Banyak tantangan yang dialami dan dilalui oleh seorang anak rantau dengan dinamika kehidupan baru.

Pada dasarnya, beberapa orang memilih untuk merantau karena memiliki tujuan, yaitu untuk memperoleh kualitas pendidikan yang lebih bagus dari daerah tempat tinggalnya, menjalani kehidupan baru maupun sekedar untuk mencari pengalaman hidup, dan ingin melatih diri agar menjadi lebih mandiri.

Banyak tantangan yang dialami oleh mahasiswa perantau, yaitu mereka sangat membutuhkan penyesuaian di lingkungan baru guna beradaptasi dengan tuntutan – tuntutan secara eksternal maupun internal. Kunci keberhasilan dari seorang perantau ialah kemampuannya dalam penyesuaian pada daerah yang dipilih.

Setiap tempat daerah dan kota pastinya memiliki karakteristiknya masing-masing. Salah satunya adalah berkaitan dengan kebudayaan dan kebiasaan yang selama ini ia ikuti. Hidup jauh dari kampung halaman pasti akan menemukan bermacam-macam perbedayaan budaya. Tidak menutup kemungkinan, kita akan menemukan orang-orang yang memiliki karakter berbanding terbalik dengan lingkungan asal kita.

Selain budaya, perbedaan bahasa juga menjadi tantangan yang harus dihadapi. Setiap tempat tentu memiliki ciri khas bahasa masing-masing untuk memudahkan proses komunikasi. Tidak jarang mahasiswa pasti akan kesulitan untuk berkomunikasi, jika tidak berusaha untuk belajar mengerti bahasa tersebut.

Tidak lupa dengan sifat mandiri yang akan muncul dengan sendirinya ketika mahasiswa sudah memutuskan dan memilih untuk merantau. Mandiri menjadi hal yang penting dan harus dimiliki oleh setiap orang, terlebih anak rantau. Mahasiswa yang menempuh pendidikan jauh dari kampung halaman akan jauh dari keluarga dan orang-orang terdekat. Oleh karena itu dengan adanya kemandirian, para mahasiswa diharapkan dapat memecahkan masalahnya sendiri tanpa harus menunggu pertolongan dari orang-orang sekitarnya.

Lalu tantangan selanjutnya adalah kemampuan mengelola keuangan. Pengeluaran mahasiswa di rantau, tentunya akan jauh lebih banyak dibandingkan saat bersekolah di kampung halaman. Mahasiswa baru akan mengalami penyesuaian keuangan dalam awal-awal kuliahnya. Banyak orang tua yang memberikan biaya bulanan kepada anak mahasiswanya. Pada saat seperti inilah, para mahasiswa tersebut dapat mulai belajar mengatur keuangannya. 

Memang dengan memilih untuk pergi ke kota orang akan memberi banyak sekali manfaat. Belajar hidup di tanah rantau tentunya akan memberi rasa tanggung jawab pada semua hal, tentunya menerima segala tantangan yang harus dihadapi dan diterima dengan baik.



EmoticonEmoticon