Halaman Karya

Blog ini merupakan wadah atau tempat untuk membagikan semua naskah tulisan jurnalistik yang sudah saya buat. Semoga tulisan saya bisa bermanfaat bagi siapapun yang membacanya!

Minggu, 22 Oktober 2023

Menelusuri Wajah Baru Pasar Musi Kota Depok

 

Pasar Musi Baru Depok (Sumber Foto: WordPress.com)

Di tengah derasnya perkembangan zaman yang begitu pesat, kota Depok masih memiliki salah satu warisan budaya yaitu Pasar Musi sebagai pasar tradisional. Pasar ini merupakan pasar yang sering dikunjungi dan selalu ramai setiap harinya.

Pasar Musi telah berdiri sejak lama, menjadi saksi orang - orang terdahulu dengan sejarah yang tidak akan terlupakan. Namun sayangnya, bangunan tua yang berdiri terlihat seperti tidak layak untuk digunakan sebagai tempat transaksi jual beli. 

Atas desakan dan keinginan para pedagang, bangunan lama yang tidak terjamah, kumuh, dan hampir mati. Kini dibenahi menjadi pasar modern berbasis pasar tradisional dari satu lantai menjadi dua tingkat. Bukan hanya itu, namanya pun ikut berubah, dahulu dikenal sebagai “Pasar Musi Lama” . Saat ini bernama “Pasar Musi Baru” yang tentunya akan memiliki fasilitas bangunan lebih memadai dari sebelumnya. 

Selain memiliki wajah baru, pasar ini juga berpindah kepemilikan dari awalnya memakai badan hukum PT Musindo Laksana Guna (MLG), namun pada akhirnya diambil alih oleh Alm. H. Sutrisno Soerjadi yang menjadikan Pasar Musi ini menjadi lebih layak untuk digunakan.

Setelah merasakan perubahan bangunan yang pastinya jauh lebih baik, para pedagang turut bersuka cita atas hadirnya bangunan yang sudah lama mereka impikan. Mereka juga sudah seharusnya memiliki hak untuk menyuarakan keluh kesah selama menggunakan pasar tersebut.

Tentunya wajah baru ini dimulai dengan cerita yang berbeda dan memiliki tempat tersendiri di hati sebagian masyarakat. Bagi kamu yang ingin menelusuri tempat ini sekaligus berbelanja barang-barang pokok, Pasar Musi bisa menjadi tempat untuk singgah sesaat, karena selain berjualan kebutuhan sehari-hari terdapat juga pedagang yang menjual berbagai aneka ragam makanan.

Selain itu, sebagian pedagang lebih memilih berjualan di gedung atau kios, mereka beranggapan bahwa berjualan di dalam ruangan bisa jauh lebih nyaman dibandingkan luar ruangan. Pada saat berkunjung ke Pasar Musi, setiap langkah yang kamu jalani, kamu akan menemukan macam-macam buah, sayur, beras, pakaian, peralatan rumah tangga, pakaian, dan lain-lain.

Pengunjung yang mendatangi Pasar Musi Baru memberikan dampak yang positif, mereka berharap bangunan dan lingkungannya bertahan dalam jangka waktu yang lama. Karena dalam keadaan berkembangnya kemajuan teknologi dan kehidupan masyarakat yang modern, Pasar Musi masih mampu mempertahankan dirinya sebagai pasar tradisional di kota Depok.

Pasar Musi memiliki nilai warisan budaya yang harus kita jaga, karena jika tidak, pasar ini akan terancam punah dan tergantikan oleh pasar modern yang jauh lebih baik. Dahulu memang Pasar Musi memiliki bangunan tua yang tidak layak dihuni. Namun, kini bangunan tersebut sudah disulap menjadi tempat yang lebih bagus untuk berkegiatan jual dan beli. 




EmoticonEmoticon