Halaman Karya

Blog ini merupakan wadah atau tempat untuk membagikan semua naskah tulisan jurnalistik yang sudah saya buat. Semoga tulisan saya bisa bermanfaat bagi siapapun yang membacanya!

Selasa, 14 November 2023

Cabai menjadi Raja di Pasar, Harganya Meroket Lebih Mahal

 

Foto cabai (sumber foto: jabarnews)

Depok – Harga cabai merah dan rawit di Pasar Musi Depok, Jawa Barat terus mengalami kenaikan sejak dua minggu yang lalu. Bahkan, kini harganya sudah mencapai Rp100.000 per kilogramnya.

Menurut salah satu pedagang bernama Susilawati yang sudah berjualan selama 12 tahun, harga cabai naik bertahap setiap harinya. Sebelum naik, harga normal cabai rawit merah berada pada kisaran Rp 40.000 – Rp 50.000 per kg. Namun, pada Rabu (8/11/2023), harga bumbu dapur yang memiliki rasa pedas itu mencapai Rp100.000 per kg.

“Sebelumnya paling mahal ya cuma Rp 50.000, sudah dua minggu ini naik drastis. Sekarang aja harganya sudah mencapai Rp 100.000 per kg. Menurut saya harga cabai naik sampai perkiraan tahun baru lah,’’ kata Susilawati.

Faktor penyebab cabai naik ialah cuaca yang tidak kunjung hujan, musim kemarau yang berkepanjangan sehingga membuat petani gagal panen. Susi mengeluhkan banyak stok cabai yang kering dan tidak bagus, ia juga merasa rugi sebagai pedagang dikarenakan modal yang dikeluarkan terus menambah.

‘’Alasan yang saya dapatkan, pertama, karena cuaca yang panas terus jadi katanya di kebunnya pada kekeringan dan gagal panen. Saya juga merasa rugi, karena modalnya jadi nambah terus. Banyak pembeli terutama ibu-ibu yang mengeluh harga cabai naik ke saya,’’ lanjutnya.

Tidak hanya itu, ternyata harga bawang putih dan merah juga naik, tetapi tidak melesat seperti seperti harga cabai. Sebelumnya, harga kedua bawang tersebut ada pada kisaran Rp 20.000 per kg. Sekarang sudah mencapai Rp 30.000 per kg.

Susi mengatakan harga seperti ini akan terus naik hingga akhir tahun, dan ia juga mengharapkan harga cabai juga turun secepatnya.


EmoticonEmoticon