Halaman Karya

Blog ini merupakan wadah atau tempat untuk membagikan semua naskah tulisan jurnalistik yang sudah saya buat. Semoga tulisan saya bisa bermanfaat bagi siapapun yang membacanya!

Minggu, 22 Oktober 2023

IDN Media Menjawab Tantangan Pada Era Digital

Suasana saat sesi tanya jawab (Sumber Foto : Jihan Sakila Firnanta)

Jakarta – Era Digital merupakan suatu perkembangan teknologi untuk memberikan informasi kepada publik secara umum melalui internet dengan cepat dan sekaligus menjadi tantangan bagi para media dalam menciptakan suatu berita.

Tiga narasumber yang merupakan bagian dari IDN Media menjawab tentang tantangan era media digital, pada Kamis (12/10/2023) di Gedung IDN Media, Jakarta. Niken Ari (Senior Creative Pop Bela), Ayu Utami (Editor Pop Bela), Denisa (Community Editor Pop Mama) memberikan jawaban tersebut sesuai dengan pengalaman yang sudah dirasakan sebelumnya.

Ayu utami sebagai editor yang pernah merasakan bekerja pada media cetak mengatakan bahwa tantangan yang ia alami adalah terkikisnya idealisme sebagai jurnalis serta tidak semua hal dapat diaplikasikan sesuai idealisme gaya tulisan diri sendiri.

‘’Saat menulis kalian pasti banyak bermain kata untuk judul, paragraf pertama, opening, dan sebagainya. Kalau online itu tidak bisa seperti itu. Zaman dulu, jurnalis bisa punya nama sendiri. Ketika di media online, semua itu menjadi blur karena semua dianggap sama rata dan tidak punya style atau gaya penulisan yang bisa diingat,’’ tegas Ayu.

Niken Ari juga menambahkan pengalaman yang berbeda dengan Ayu Utami. Niken lebih sering merasakan bekerja di lapangan. Menurutnya, tantangan jurnalis di era digital ini adalah bagaimana kita bisa mengambil angle tulisan yang berbeda.

‘’Dalam satu kali liputan, jurnalis yang datang pasti banyak banget, tetapi narasumbernya hanya satu. Nah, dari situ bagaimana caranya kita bisa mencari angle supaya tulisannya tidak sama dengan media lainnya,’’ ujar Niken.

Terakhir, Denisa selaku Community Editor Pop Mama menyampaikan tugas atau tantangan di era digital seperti ini adalah beradaptasi. Jika tidak beradaptasi kita akan ketinggalan dengan hal – hal yang sedang viral atau topik yang pembacanya sedang banyak.


EmoticonEmoticon