Halaman Karya

Blog ini merupakan wadah atau tempat untuk membagikan semua naskah tulisan jurnalistik yang sudah saya buat. Semoga tulisan saya bisa bermanfaat bagi siapapun yang membacanya!

Minggu, 22 Oktober 2023

Kehidupan Seorang Anak Perantau

 

Ilustrasi anak rantau (Sumber foto : consciousnewsofficiel.com)

Saat ini menjadi seorang mahasiswa tidaklah mudah, terlebih bagi mereka yang merantau dari kampung halamannya. Merantau merupakan pilihan dan sekaligus menjadi sebuah tantangan yang besar untuk beberapa orang. Banyak kisah menarik yang dialami dan dilalui oleh seorang anak rantau dengan dinamika kehidupan baru.

Mahasiswa perantau sangat membutuhkan penyesuaian di lingkungan baru guna beradaptasi dengan tuntutan – tuntutan secara eksternal maupun internal. Kunci keberhasilan dari seorang perantau ialah kemampuannya dalam penyesuaian pada daerah yang dipilih.

Pada dasarnya, beberapa orang memilih untuk merantau karena memiliki tujuan, yaitu untuk memperoleh kualitas pendidikan yang lebih bagus dari daerah tempat tinggalnya, menjalani kehidupan baru maupun sekedar untuk mencari pengalaman hidup, dan ingin melatih diri agar menjadi lebih mandiri.

Hal itu dirasakan oleh seseorang mahasiswa yang berasal dari daerah yang sangat jauh dari ibu kota. Akbar Rusli, memilih untuk pergi ke Jakarta demi melanjutkan pendidikannya pada Perguruan Tinggi Ilmu Al-Qur’an. Akbar berasal dari Maluku Utara, tepatnya di daerah Tidore.

Ia memilih untuk melanjutkan pendidikannya karena mencoba untuk menjadi anak yang mandiri. Menurutnya, ketika dirinya sudah bisa jauh dari keluarga maupun orang tua, dapat dipastikan segala sesuatu yang hendak dilakukan akan menimbulkan rasa mandiri yang tumbuh dari diri sendiri.

‘’Tujuan saya merantau sudah dipastikan agar bisa membahagiakan kedua orang tua saya. Selain itu, saya mencari relasi baru agar menambah pengalaman serta wawasan yang sebelumnya tidak saya dapatkan. Contohnya, seperti ketika saya mengikuti organisasi yang ada di kampus maupun di luar kampus,’’ kata Akbar.

Organisasi memang merupakan salah satu cara agar mendapatkan relasi yang sangat luas. Melalui organisasi kita bisa bersosialisasi oleh banyak orang yang memiliki berbagai macam sifat serta dapat bertukar fikiran dengan beberapa perbedaan budaya yang ada.

Namun, menjadi perantau juga memiliki risiko dan tantangan yang besar. Hidup pada kota besar, terlebih dengan keadaan jauh dari keluarga. Risiko yang pernah Akbar alami ialah ketika ia mendapatkan kabar bahwa orang tuanya terkena sebuah musibah. Baginya, kabar tersebut merupakan tantangan terberat yang harus ia lewati.

Akbar harus bersikap agar tetap kuat, meskipun ia sangat ingin melihat orang tuanya dengan keadaan baik-baik saja. Memilih merantau berarti juga sudah siap untuk menerima segala sesuatunya dalam kondisi apapun. Kondisi baik dan buruk harus dapat diterimanya dan dihadapinya dengan lapang dada.  


EmoticonEmoticon