Halaman Karya

Blog ini merupakan wadah atau tempat untuk membagikan semua naskah tulisan jurnalistik yang sudah saya buat. Semoga tulisan saya bisa bermanfaat bagi siapapun yang membacanya!

Jumat, 03 November 2023

Faktor Maraknya Kasus Pembunuhan Sering Terjadi

 

Ilustrasi pembunuhan (Sumber Foto : Unsplash)

Sejumlah kasus pembunuhan akhir-akhir ini marak terjadi di Indonesia. Seakan-akan mengibaratkan nyawa nyaris sudah tidak ada harganya lagi. Membunuh merupakan tindakan kejahatan yang sangat fatal dan tidak akan pernah bisa diterima oleh siapapun.

Seperti yang kita ketahui, hidup ini tidak terlepas dari adanya konflik permasalahan, baik dari segi ekonomi, sosial, budaya, agama, dan lain sebagainya. Beberapa hal tersebut bisa menimbulkan seseorang memiliki rasa dendam serta sakit hati sehingga mengakibatkan terjadinya kasus pembunuhan.

Salah satu contoh kasus dari banyaknya kasus pembunuhan di Indonesia adalah mertua membunuh menantu yang sedang hamil di Pasuruan. Motif pelaku membunuh karena sang menantu melawan ketika pelaku hendak melakukan percobaan pemerkosaan.

Meskipun kita tidak tahu apa yang ada pada pikiran setiap pelaku pembunuhan. Namun, ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan seseorang bisa melakukan pembunuhan, berikut diantaranya.

Kestabilan Emosional

Kasus pembunuhan bisa saja diawali dengan ketidakstabilan emosi sehingga sering melakukan penyerangan pada orang lain sampai pada tahap melakukan pembunuhan. Besarnya pengaruh kestabilan emosi seseorang dalam berperilaku menggambarkan pentingnya faktor lingkungan dalam pembentukan karakternya.

Emosi akan timbul ketika seseorang dapat perlakuan tidak adil atau sesuatu yang tidak menyenangkan. Saat emosi itu muncul, seseorang tidak bisa mengendalikan dirinya, lalu pemikiran-pemikiran untuk berbuat jahat sering terjadi.

Rasa Dendam

Dendam ialah suatu perasaan sakit hati, kekecewaan, kekesalan, amarah, atau kepahitan karena ketidakmampuan seseorang untuk bisa menerima dan memaafkan perlakuan buruk dari orang lain. Perasaan dendam yang sulit diatasi dengan baik, akan tersimpan dalam hati.

Dendam merupakan sebab dan latar belakang terjadinya banyak kejahatan termasuk pembunuhan. Ini disebabkan karena dendam merupakan sesuatu yang sangat sulit untuk dipulihkan terhadap manusia yang pernah merasa sakit hati terhadap perlakuan seseorang terhadapnya.

Lingkungan Sekitar yang Buruk

Pembunuhan bisa terjadi karena seseorang memiliki lingkungan yang buruk, baik dari segi keluarga, sosial, maupun pertemanan atau pergaulan. Perilaku seseorang dipengaruhi oleh berbagai tekanan dari pergaulan yang menekan dan memaksa serta terbentuklah sikap yang buruk sehingga beberapa diantara mereka menjadi melanggar peraturan yang ada.  

Tiga faktor di atas merupakan beberapa penyebab mengapa kasus pembunuhan bisa marak terjadi. Tindakan kejahatan tidak akan melihat waktu, tempat, hubungan yang sedang ada pada hidup pelaku. Tetaplah selalu waspada dengan keadaan di sekitar kita.


EmoticonEmoticon