Halaman Karya

Blog ini merupakan wadah atau tempat untuk membagikan semua naskah tulisan jurnalistik yang sudah saya buat. Semoga tulisan saya bisa bermanfaat bagi siapapun yang membacanya!

Jumat, 20 Oktober 2023

Memahami Lebih Dalam Kehidupan Pasar Tradisional

Kondisi pasar tradisional Musi Depok (Sumber Foto : Jihan Sakila Firnanta)

Pasar merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli ketika melakukan transaksi jual-beli. Namun, apa yang ada dibenakmu jika mendengar kata pasar tradisional? dibandingkan dengan pasar modern, tentu pasar tradisional lebih terkenal dengan lingkungan sekitar yang kumuh, panas, dan tidak nyaman untuk membeli kebutuhan sehari-hari.

Keadaan tersebut bisa terjadi karena terbatasnya dukungan sarana dan prasana pasar yang memadai. Saat kamu pergi ke pasar tradisional, tentu kamu akan melihat barang-barang dagangan dengan keadaan tidak beraturan. Kamu akan menemukan jalanan yang dipenuhi dengan sampah – sampah yang berserakan di mana-mana, seperti bekas sayuran, plastik, dan sebagainya.

Ketika adanya kepentingan masyarakat sekitar, maka dari situlah pasar tradisional ini terbentuk di tengah kepadatan penduduk. Pada umumnya pasar tradisional berada di pinggiran jalan perkotaan atau lingkungan perumahan.

Bangunan yang terdapat pada pasar tradisional terdiri dari bangunan tidak permanen, kios, dan gerai yang luas serta terbuka. Tentu saja ini memberikan akses yang lebih mudah bagi para pembeli. Sebagian besar pedagang menjual kebutuhan sehari-hari mulai dari kebutuhan pokok, kebutuhan sandang seperti beras, ikan, sayur, buah dan lain-lain. 

Pasar tradisional tidak memiliki label harga yang pasti, harga jual disesuaikan dengan keuntungan dari setiap masing-masing pedagang. Harga barang-barang di sana cenderung tidak menetap atau berubah-ubah. 

Selain itu, pada pasar tradisional kamu akan menemukan proses tawar – menawar yang dilakukan oleh para pembeli dengan penjual yang melibatkan seluruh emosi dan  perasaannya sehingga menimbulkan interaksi sosial. Pasar tradisional memberikan kamu nilai kehidupan tentang rasa solidaritas karena tidak menggunakan daya saing yang tinggi, melainkan mengandalkan kebersamaan. 

Saat hendak pergi ke pasar tradisional, kamu akan menemui beberapa tempat yang memiliki stigma buruk dikarenakan adanya orang-orang yang merasa menguasai pasar tersebut. Kesan negatif seperti ini yang menyebabkan sebagian kalangan masyarakat lebih memilih pergi ke pasar modern agar lebih aman dan nyaman saat berbelanja kebutuhan mereka.

Pasar tradisional tentunya memiliki berbagai pandangan positif dan negatif. Pada satu sisi, pasar tradisional memberikan banyak manfaat bagi masyarakat. Namun di sisi lain terdapat juga hal-hal dan beberapa kondisi yang membuat sebagian masyarakat tidak nyaman saat hendak pergi berbelanja ke pasar tersebut.

Namun lambat laun, tidak dapat dipungkiri, keberadaan pasar tradisional saat ini mulai tersaingi dengan pasar modern yang berkembang dengan cepat dan membuat pasar tradisional semakin mendesak. Tetapi pasar tradisional selalu memiliki tempat yang istimewa bagi para pembeli khususnya ibu rumah tangga.

Dengan demikian, agar pasar tradisional tidak tersingkirkan, kita harus tetap membudayakan pasar ini sebagai tempat transaksi jual-beli kebutuhan sehari-hari.



EmoticonEmoticon