Halaman Karya

Blog ini merupakan wadah atau tempat untuk membagikan semua naskah tulisan jurnalistik yang sudah saya buat. Semoga tulisan saya bisa bermanfaat bagi siapapun yang membacanya!

Kamis, 16 November 2023

5 Kuliner Khas Betawi yang Legendaris dan Patut Dicoba

 

Ilustrasi makanan khas Betawi (sumber foto: sumberbudayabetawi.com)

Kekayaan kuliner di Indonesia memang tidak pernah ada habisnya. Setiap hidangan yang disajikan tentunya memiliki cita rasa yang khas. Salah satunya adalah makanan khas Betawi yang punya berbagai rasa yang unik dan beragam.

Lezatnya kuliner Betawi ini tidak perlu diragukan lagi karena sudah terkenal hingga seluruh Indonesia. Sejumlah makanan khas Betawi sudah turun menurun dari generasi ke generasi dan menjadi kekayaan budaya setempat.

Berikut lima makanan khas Betawi yang legendaris dan patut dicoba

Kerak telur

Ilustrasi kerak telor (sumber foto: dapurkobe.co.id)

Makanan tradisional ini terbuat dari beras ketan dan telur ayam atau bebek yang dipadu bumbu rempah khas Betawi. Sajikan dengan taburan kelapa sangrai untuk menambah tekstur renyah di kerak telur. Kuliner ini sudah ada sejak tahun 1970-an dan biasa disajikan untuk pesta besar.

Soto betawi

                                              Ilustrasi soto khas Betawi (sumber foto: SHUTTERSROCK/Ariyani Tedjo)

Soto Betawi biasanya berisi aneka jeroan sapi disertai dengan kuah campuran santan dan susu. Lalu ditambahkan berbagai macam bumbu dan rempah lainnya. Soto Betawi ini tidak perlu diragukan lagi popularitasnya.

Nasi Ulam
Ilustrasi nasi ulam (sumber foto: Shutterstock)

Nasi ulam khas Betawi ada dua jenis, yaitu berkuah dan kering. Makanan ini dimasak dengan bumbu rumpah dan campuran daun pegagan atau kemangi.

Lontong sayur betawi

Ilustrasi lontong sayur (sumber foto: astronauts.id)

Kuliner khas Betawi ini biasa disajikan saat lebaran, lontong atau kupat disajikan dan disiram dengan sayur labu.

Asinan betawi

Ilustrasi asinan sayur betawi (sumber foto: shutterstock)

Asinan Betawi memiliki rasa pedas, gurih, manis, dan asam yang menjadi satu. Makanan ini tidak terlepas dari sejarah dan budaya Betawi. Kuliner ini menggunakan sayuran sebagai bahan utama. Lalu disiram dengan kuah campuran bumbu kacang, cuka, dan cabai.

Itulah deretan kuliner khas Betawi yang legendaris dan patut untuk dicoba. Dari kelima makanan yang sudah disebutkan, manakah yang kamu mau coba?

 


EmoticonEmoticon