Halaman Karya

Blog ini merupakan wadah atau tempat untuk membagikan semua naskah tulisan jurnalistik yang sudah saya buat. Semoga tulisan saya bisa bermanfaat bagi siapapun yang membacanya!

Minggu, 03 Desember 2023

Review Film 172 Days, Kisah Cinta Nadzira Shafa – Alm Ameer Azzikra

  

Poster Film 172 Days (Sumber foto : Youtube.com)

   

            Pada awalnya, Nadzira Shafa yang biasa dikenal dengan Zira menulis perjalanan kisah cintanya dengan Alm Ameer Azzikra pada novel yang berjudul 172 Days. Namun siapa sangka, karyanya menjadi tulisan inspiratif dan diapresiasi oleh banyak orang.  

Lalu, kisah itu dituangkan dalam bentuk film dengan judul yang sama persis dengan novelnya 172 Days. Starvision memilih kisah Zira untuk dijadikan film dengan dua pemeran utama, yaitu Bryan Domani sebagai Ameer dan Yasmine Napper sebagai Nadzira.

Film berdurasi 103 menit menceritakan tentang seorang perempuan bernama Nadzira Shafa (Yasmin Napper) yang hidup di lingkungan agamis. Namun, ada suatu masalah yang terjadi di sekolah, Zira memutuskan untuk membuka jilbab dan meninggalkan lingkungan agamis tersebut.

Ketika suatu insiden menimpa keluarganya, ia memutuskan untuk berhijrah. Dalam proses hijrah, Zira mulai mendalami ilmu agama dan sering hadir dalam majelis pengajian. Sementara itu, Ameer merupakan anak salah satu ulama ternama di Indonesia. Hidup Ameer sangat teratur dan sangat dekat dengan keluarga yang menerapkan ajaran Islam dengan baik.

Suatu ketika, Ameer menjadi pembicara di sebuah acara pengajian yang didatangi Zira. Dan saat itu juga, mereka bertemu. Proses saling mengenal satu sama lain memang tidak lama, Ameer dan Zira memutuskan untuk melakukan taaruf.

Keduanya menjalani kehidupan yang harmonis, berjalan seperti sepasang suami istri pada umumnya. Namun, kebahagiaan itu tidak bertahan lama. Ameer menderita penyakit yang mengharuskan ia dirawat di rumah sakit.

Pada hari ke 172 setelah mereka menikah, Ameer menghembuskan napas terakhirnya. Ameer meninggalkan Zira untuk selama-lamanya dan pastinya ia meninggalkan kenangan yang sangat indah dan duka mendalam bagi keluarga, terutama sang istri yang sudah menemaninya.

Film yang tayang di bioskop pada 23 November 2023 ini, menyampaikan edukasi tentang pengalaman hijrah Zira dengan cara yang unik. Tidak lupa menggambarkan sosok Ameer Azzikra secara detail dan jelas. Selain itu, juga terdapat adegan komedi yang tersaji secara pas untuk memecahkan suasana.

Bryan Domani dan Yasmin Napper berhasil memerankan karakternya masing-masing. Sehingga orang yang menontonnya bisa mengenang kisah cinta Zira, terlebih pada sosok Alm Ameer. Terbukti sampai saat ini film 172 Days sudah ditonton oleh satu juta lebih penonton.

 



EmoticonEmoticon