Halaman Karya

Blog ini merupakan wadah atau tempat untuk membagikan semua naskah tulisan jurnalistik yang sudah saya buat. Semoga tulisan saya bisa bermanfaat bagi siapapun yang membacanya!

Selasa, 09 Januari 2024

Tanggapan Gen Z : Kampanye Kreatif Lewat Media Sosial

 


Depok – Digitalisasi mempermudah segala hal untuk menjangkau masyarakat yang lebih luas, tidak terkecuali para anak muda. Digitalisasi seakan-akan menjadi kebutuhan sehari-hari untuk belajar, bekerja, hingga melakukan aktivitas lainnya.

Jejak digital juga digunakan para pasangan calon presiden dan wakil presiden untuk menjadi wadah kampanye di media sosial. Kampanye tersebut dirancang khusus untuk menarik perhatian warganet, terkhusus generasi z dan kaum millenial. Generasi Z dan kaum millenial merupakan pemilih terbanyak pada saat pemilu 2024 nanti.

Saat ini hampir semua kegiatan kampanye yang dilakukan oleh capres maupun cawapres diunggah pada media sosial mereka masing-masing. Hal ini bisa dimanfaatkan sebagai platform untuk berinteraksi langsung antara kandidat dan para pemilih muda.

Keberhasilan kampanye melalui media sosial tidak hanya diukur dari jumlah pengikut maupun disukai, tetapi juga keterlibatan pemilih untuk mendorong partisipasi yang aktif. Sama halnya seperti mengajak pemilih muda untuk sekedar berbagi cerita atau berkomunikasi langsung melalui komentar dan pesan pribadi.

‘’Kalo menurut aku yang baru banget pertama kali milih buat calon presiden dan wakil presiden, media sosial emang sering banget aku gunain. Dengan adanya media sosial aku jadi tau apa aja sih yang dilakuin sama calon-calon pemimpin kita nantinya. Ga ada salahnya kampanye di media sosial. Justru kita jadi tau bagaimana perkembangan – perkembangan di luar sana,’’ kata Alia selaku Generasi Z pada Senin (8/1/2023) di Taman Merdeka, Depok.

Dengan meningkatnya penggunaan media sosial pada kampanye politik, peran generasi muda tampaknya akan semakin memperkuat suara mereka melalui partisipasi yang aktif pada proses pemilihan umum nantinya.

‘’Generasi Z kayaknya emang lebih tertarik lihat kampanye kayak gitu lewat media sosial sih. Soalnya kalo liat dimedsos tidak membosankan aja. Terus kita juga bisa lihat komentar-komentar  dari akun-akun lain. Jadi kayak lebih seru dan menarik juga,’’ lanjut Alia.

 


EmoticonEmoticon